Selasa, 07 Mei 2013

cara main gitar mudah untuk pemula

Tips cara cepat belajar gitar yang saya tulis ini adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri bagaimana ketika waktu SMP dulu saya pertama kali belajar gitar dan akhirnya sekarang sudah lumayan lancar lah mainnya. Kadang nge-band sama teman, nyanyi sama keluarga, dan juga ngamen. hehe.. kidding.
Oke deh, kita langsung aja loncat ke beberapa tips cara cepat bermain gitar walaupun anda adalah pemula sekalipun, asalkan ada keinginan belajar yang kuat, semua hal bisa dicapai termasuk main gitar:

1. Belajar dasar chord gitar
Pada tahap permulaan, yang paling saya sarankan ialah untuk mengetahui beberapa dasar chord atau kunci gitar yang sering digunakan. Contohnya: C, F, G, Am, Em, Dm. Usahakan untuk bisa menghapal satu chord per-hari dari ke 6 chord tersebut. Jadi fokuskan untuk latihan penempatan jari di fretboard gitar dan menghapal posisi nada dari setiap chord tersebut. Kebanyakan orang biasanya bisa hapal 2 atau 3 kunci perhari, tapi kalau masih baru memulai jangan terlalu memaksakan diri. Lebih baik santai tapi pasti. Karena untuk belajar gitar, kita butuh penyesuaian. Termasuk tubuh dan jari jari tangan kita. Apalagi kalau masih baru mulai biasanya jari kita masih kaku dan tidak terbiasa. Lebih baik fokus pada 1 kunci perhari, hapalkan, dan kuasai.

 Contoh:
Senin belajar kunci C, selasa belajar kunci F, Rabu kunci G, dst. Trus pada hari ke7(minggu) saya akan coba memainkan ke6 kunci yang sudah saya pelajari sebelumnya dan lihat sejauh mana saya bisa mengingatnya.Chord dasar gitar tersebut adalah yang dasar dan paling sering digunakan pada band band pop Indonesia maupun luar negeri. Jadi dengan menguasai kunci tersebut nantinya anda bisa dengan mudah untuk mengiringi lagu. Sebenarnya ada puluhan bahkan ratusan chord, tapi itu tidak terlalu penting untuk tahap ini. Hapal saja yang ke6 itu baru kita bisa melangkah ke level selanjutnyadi kemudian hari.

2. Mengiringi Lagu dengan chord
Pada tahap selanjutnya setelah teman-teman hapal beberapa chord penting diatas. Kita bisa segera belajar mengiringi lagu dengan kunci gitar tersebut. Untuk mengetahui chord apa yang digunakan, teman-teman bisa liat di internet, dan majalah gitar. Ketika belajar dulu saya punya banyak koleksi kunci gitar beserta lagu-lagu, namun sekarang lebih mending cari di internet karena sumbernya banyak dan gratis. hehehe.. Terserah lagu apa, bisa itu lagu Indonesia, Barat, Korea, apapun yang penting kesukaan anda.

Tahap yang agak menantang disini adalah menggabungkan strumming(meng-genjreng) gitar dengan tepat sesuai pergantian chord lagu. Biasanya waktu masih awal, kita akan sedikit kaku dan canggung berganti chord dengan cepat. Itu wajar, karena memang koordinasi tangan kita belum sepenuhnya terbentuk. Lama-kelamaan pasti bisa kok.

Teman-teman bisa coba memainkan lagu dengan tempo lambat dulu, seperti lagu peterpan (mimpi yang sempurna, semua tentang kita) atau lagu tradisional indonesia seperti gundul pacul,gelang sipatu gelang. Kuncinya biasanya seputar: C,F,G,Am,Em,Dm

Coba memainkannya dengan sangat lambat terlebih dahulu, jangan terburu-buru agar kita dapat feel nya. Karena yang paling penting adalah melakukan strumming dan pergantian chord yang tepat. Kecepatan akan terbangun sendirinya seiring semakin sering anda bermain gitar.

Ketika menekan fret gitar, usahakan pakai ujung jari kita jangan pakai kuku. Karena suaranya jauh lebih bagus kalau kita pakai ujung jari kita. Kalau perlu gunting saja kukunya, biar proses belajar gitarnya lebih lancar Lakukan teknik ini dalam 2 minggu pertama, maka hasilnya akan terlihat.

3. Latihan gitar yang teratur
Namanya mempelajari sesuatu kita butuh pengorbanan dan ketekunan. Sama waktu belajar jalan dulu, kita harus jatuh bangun dan terus mencoba. Sama prisipnya dengan gitar, kita sebaiknya meluangkan 1 atau 2 jam perhari untuk belajar gitar. Tidak perlu terlalu banyak porsi latihannya, yang penting konsisten. Untuk belajar gitar memang dibutuhkan koordinasi yang tepat agar bisa menghasilkan musik yang enak didengar. Dan untuk mendapatkan kemampuan tersebut kita butuh latihan yang teratur.


 Biasanya saya dulu sering belajar setelah pulang les sore, sekitar jam 5-7 sore saya luangkan waktu untuk main gitar. Kadang untuk membuat suasana lebih enak saya ajak paman saya untuk melihat cara bermain saya apakah sudah bagus atau belum. Malahan kadang kita lebih cepat belajar kalau ada partner/mentor yang bisa secara personal mengajari kita. Karena kita bisa mengetahui kelemahan kita dengan cepat dan memperbaikinya. Saya juga biasanya pasang target untuk bisa memainkan satu lagu tertentu tiap minggu, jadi seperti ada rasa tantangan gitu.hehehe.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...