Rabu, 30 Januari 2013

Cara Cepat Bermain Ukulele

REBABO CARA - Cara Cepat Bermain Ukulele. Ukulele adalah alat musik yang sangat banyak dimainkan oleh para pengamen atau penyanyi jalanan, khususnya di Indonesia. Alat musik ini sangat kecil dan ringan. Berbentuk seperti gitar dengan menggunakan 3 atau 4 senar.

Ukulele ini sangat mudah dimainkan, bahkan oleh seorang pemula (newbie). Kemudahan itu sendiri karena senar dari ukulele sendiri yang hanya 3 atau 4. Tidak seperti gitar yang menggunakan 6 atau 7 senar, Bahkan beberapa gitar elektrik menggunakan sampai dengan 12 senar/dawai.

Kali ini REBABO CARA akan memberikan tips bagaimana cara cepat bermain gitar ukulele. Caranya sangat mudah tapi juga membutuhkan kemauan dan sedikit kerja keras.


Gitar Ukulele
Syarat pertama untuk belajar cara cepat bermain ukulele adalah anda harus mempunyai ukulele, jika tidak punya silahkan saja pinjam kepada teman anda atau membelinya di toko. Harga 1 gitar ukulele sangat terjangkau, yang murahan berkisar diantara 50 - 200-ribuan, sedangkan harga ukulele yang mahal bisa sampai jutaan.

Tuning Ukulele (Menyetel senar ukulele)
Hal yang terlihat sepele namun sangat berperan penting dan mendasar bagi permainan musik ukulele adalah stelan/steam dari senar-senar ukulele tersebut. Jika senar tidak terseteam/tersetel dengan baik, maka nada yang dihasilkan akan terdengar sumbang atau fals. Jadi sebelum bermain ukulele anda harus memperhatikan terlebih dahulu apakah senar sudah disetel dengan baik. Dibawah ini adalah video cara setel/steam gitar ukulele :



Menguasai Chord Dasar Ukulele
Chord atau Kunci adalah sebuah dasar untuk bermain gitar/ukulele. Chord dari ukulele sendiri sangat banyak dan beragam. dan kunci dari ukulele yang bersenar 3 dan senar 4 sangat berbeda. Dibawah ini adalah kunci dari ukulele.

Kunci ukulele senar 3 :
kunci gitar ukulele senar 3

Kunci ukulele senar 4 :
kunci gitar ukulele senar 4

Memetik (Menggenjreng) Senar Ukulele
Memetik senar ukulele tidaklah sembarangan, perlu sebuah trik sendiri agar suara yang dihasilkan terlihat bagus. Untuk ukulele sendiri jarang orang menggunakan petikan. Melainkan dengan genjrengan. Biasanya orang menggenjreng ukulele dengna menggunakan pick/clipers yang lentur, tidak terlalu kaku tapi tidak terlalu lemas juga. pilih ukurang yang pas sesuai selera Anda.

Tidak Membutuhkan Bakat, Hanya Kemauan
Bermain gitar ukulele tidak membutuhkan bakat tersendiri. Hampir semua orang bisa bermain ukulele dengan belajar terlebih dahulu. Asalkan ada usaha untuk mempelajari alat musik tersebut, lama kelamaan pasti kita bisa menguasainya.

Oke hanya itu saja, semoga bisa membantu anda yang sendang ingin belajar bermain gitar ukulele. Jika ada yang masih kurang jelas tentang cara bermain ukulele, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah.

Terima kasih telah membaca artikel cara cepat bermain ukulele. Baca juga artikel menarik lainya tentang alat musik gitar :
Belajar Teknik Gitar Arpeggio
Software Efek Gitar
Cara Memainkan Teknik Bending Gitar
Cara Memainkan Teknik Sliding
Cara Merawat Gitar
Cara Memainkan Teknik Pull-Off

referensi: (youtube.com) tags: (cara bermain ukulele, cara cepat belajar ukulele, cara cepat menguasai ukulele, cara cepat bermain ukulele, cara instal bermain ukulele, cepat menguasai ukulele, tips trik bermain ukulele, chord ukulele, kunci gitar ukulele, cara bermain gitar)

1 komentar:

  1. mas kalo pesen gitar kentrung ya yg ktanya 50 rbuan itu sdah di tuning apa blomm

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...