Sabtu, 20 Oktober 2012

Cara Menyetem Senar Gitar (Menyamakan Dengan Alat Musik Lain)


·        Menyetem dengan menyamakan nada dengan piano atau orgen. Cara menyetem dengan cara ini adalah cara menyetem yang paling akurat dikarenakan ada patokan nada yang jelas dan tepat sehingga setiap senar dapat memiliki nada yang akurat. Cara penyetamannya :
o   Senar ke – 6 dibunyikan tanpa ditekan pada fret apapun, lalu bunyikan tuts piano dengan nada E rendah atau Mi rendah. Samakan bunyi senar gitar ke – 6 dengan suara piano.
o   Senar ke – 5 dibunyikan tanpa ditekan pada fret apapun, lalu bunyikan tuts piano dengan nada A rendah atau La rendah. Samakan bunyi senar gitar ke – 5 dengan suara piano.
o   Senar ke – 4 dibunyikan tanpa ditekan pada fret apapun, lalu bunyikan tuts piano dengan nada D atau Re. Samakan bunyi senar gitar ke – 4 dengan suara piano.
o   Senar ke – 3 dibunyikan tanpa ditekan pada fret apapun, lalu bunyikan tuts piano dengan nada G atau Sol. Samakan bunyi senar gitar ke – 3 dengan suara piano.
o   Senar ke – 2 dibunyikan tanpa ditekan pada fret apapun, lalu bunyikan tuts piano dengan nada B atau Si. Samakan bunyi senar gitar ke – 2 dengan suara piano.
o   Senar ke – 1 dibunyikan tanpa ditekan pada fret apapun, lalu bunyikan tuts piano dengan nada E tinggi atau Mi tinggi. Samakan bunyi senar gitar ke – 1 dengan suara piano.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...