Sabtu, 27 Oktober 2012

Petikan / Fingerpicking


Petikan atau fingerpicking adalah cara memainkan kunci gitar dengan cara memetik senar gitar secara bergantian atau bersamaan tergantung dari karakteristik dari sebuah lagu. Biasanya petikan dilakukan untuk mendapatkan suasan dimana orang yang diiringi dapat menghayati lagu lebih baik serta sepertinya memperlambat tempo lagu. Petikan lagu dapat diubah menurut kebutuhan lagu.
Pola petikan atau cara memetik gitar merupakan factor penting yang ada dalam petikan gitar. Petikan gitar melatih tangan kanan untuk dapat bekerja sama dengan tangan kanan. Biasanya perpindahan kunci dalam petikan dilakukan pada saat petikan mencapai bass. Biasanya tangan kiri ditandai dari jari telunjuk ke jari kelingking dengan nomor 1 sampai 4, namun tangan kanan ditandai dari jempol ke jari kelingking ditandai dengan huruf depan dari setiap jari, p atau t (thumb/jempol), i (index/telunjuk), m (middle/tengah),dan d (kelingking). Kelingking biasanya tidak digunakan dalam memainkan gitar karena penempatan tangan kanan pada senar tidak memerlukan jari kelingking. Posisi jari kanan pada senar yaitu :

  •  Jempol                :               Senar ke – 6 atau ke – 5
  • Telunjuk              :               Senar ke – 3
  • Tengah                :               Senar ke – 2
  • Manis                  :               Senar ke – 1


Jika dilihat dari posisi jari kanan, senar ke – 4 sepertinya tidak dipetik. Namun, biasanya pemain gitar dapat memetik senar ke – 4 dengan jari telunjuk atau pun jempol tergantung dari kondisi dan posisi dari jari kanan yang sedang memainkan atau mengiringi sebuah lagu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...