Rabu, 27 Februari 2013

3 Skill yang Berguna dalam Karir Musik Kalian

Tiga skill itu adalah :

  1. Skill utama
  2. Skill pendukung
  3. Skill natural
Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel lama saya dibawah ini yang baru saya temukan tadi pagi di hardist :D


Dunia musik adalah dunia yang amat sangat luas, begitu luasnya hingga dunia ini melintasi dunia lain seperti dunia hiburan, bisnis, tehnologi dan dunia lainya. Semakin belajar dan semakin lama kita  berada di dunia musik maka akan semakin sadar betapa luasnya dunia ini.

 Kalau dulu waktu pertama memulai kita hanya berpikir bagaimana agar menguasai suatu instrument. Tapi semakin kesini kita akan makin menyadari bahwa banyak sekali yang harus dipelajari, bahkan mungkin terlalu banyak.

Saya jadi teringat seorang teman, waktu itu dia ingin membuat suatu band, trus latihan selama beberapa bulan dan setelah itu rekaman dan akhirnya terkenalah ia.

He he he ……Kalau dipikir-pikir lucu juga. ……..Kenapa? Karena dulu saya juga berpikir demikian. Mungkin itulah dunia musik di pikiran orang awam.

Tapi semakin kesini saya  semakin menyadari bahwa apa yang dipikirkan sebelumnya jelas-jelas sangat jauh berbeda dengan kenyataan.

Cukup lama saya mendalami ilmu gitar, (tentu saja saya juga mempelajari hal-hal lainya) sampai akhirnya saya punya kesimpulan bahwa semuanya berkaitan, bahwa apapun yang kita pelajari akan mempermudah tujuan kita baik secara langsung maupun tidak.

Oleh karna itu untuk mempermudah karir kita di dunia musik ada baiknya kita juga mempelajari skill-skill atau keterampilan khusus termasuk skill non musik.

Berikut saya bagi menjadi beberapa katagori skill untuk memudahkan kalian mempelajarinya.

1. Skill Utama

Dikarenakan kita hidup di dunia musik maka tentu saja skill utama yang harus kita kuasai dan terus kembangkan adalah skill musik kita. Yang seperti apa? Ya saya rasa kalian semua tahu apa yang saya maksud.

Oh ya, satu hal yang perlu diingat dan di pahami tentang skill ini………

BELAJAR DARI FORUM, WEB, OTODIDAK, KURSUS DAN SEKOLAH ADALAH HAL YANG BERBEDA, DAN TENTU SAJA HASIL NYA JUGA BAKALAN BEDA.

Jangan ragu untuk mengambil kursus gitar, atau belajar langsung dari senior kalian jika memang kalian serius dalam dunia musik, toh hasilnya juga akan kalian rasakan nanti.

2. Skill Pendukung

Skill pendukung disini maksudnya adalah skill non musik yang bakal mendukung skill utama kita. Seperti apa? Ya tiap orang punya skill pendukung masing-masing tergantung minat,pengalaman dan keterpaksaan mempelajari sesuatu ………he he he.

Misalkan saya sebagai penulis tentu mempuyai kemampuan untuk menulis tutorial atau teori gitar dalam bentuk artikel, disamping itu mampu melakukan riset dengan cukup baik. Begitu juga kalian, pasti mempunyai kemampuan khusus yang akan mempermudah karir musik kalian. Yang perlu kalian lakukan adalah menyadari kemampuan khusus kalian dan mengembangkannya dengan baik. 

Inti dari skill pendukung ini adalah apapun yang kalian pelajari dan tekuni dalam hidup ini baik secara terpaksa karena tuntutan pekerjaan ataupun karena tuntutan hobi atau rasa ingin tahu kalian, hal itu bakal membantu kalian sekarang atau pun kelak dimasa depan.

Berikut contoh skill pendukung yang saya rasa penting untuk dimiliki.

  • Bahasa Asing
Kemampuan bahasa asing khususnya bahasa Inggris sangat diperlukan karena dalam hal musik negara-negara Eropa dan Amerika jelas lebih maju dari pada kita, tentu saja hal ini menyebabkan informasi dalam bahasa asing jauh lebih banyak daripada yang berbahasa Indonesia.

Coba saja cari di bah google, banyak ebooks ataupun video lesson  dalam bahasa asing dibandingkan dengan bahasa kita.

Ketidak mampuan berbahasa asing juga merupakan salah satu penghambat dalam karir musik kita, banyak dari teman-teman yang saya temui mengalami kendala dalam masalah ini terutama vocalis.

Nah ,kalau timbul keinginan untuk mempelajari bahasa asing dalam diri kalian, jangan ragu untuk segera mengambil kursus bahasa asing karna itu akan sangat membantu kalian.
  •  Tehnologi
Nah ini juga sama, ini saling berkaitaan dengan skill berbahasa asing yang saya bahas diatas.

Tentunya kita semua sudah tau cara menggunakan komputer, bersilaturahmi lewat facebook dan media lain dan juga cara menggunakan search engine. Ya kan, Ya kalau tidak bisa ya tentu kalian tidak akan membaca artikel ini.

Nah kemampuan seperti itu saja sudah banyak menguntungkan kita, bayangkan bila kita mempunyai skill untuk menguasai tehnologi semisal computer dan internet melebihi skill orang lain.

Kita akan punya akses tidak terbatas untuk berbagai pengetahuan musik, disamping itu kita akan berkenalan secara mudah dengan para musisi lainya.

3. Skill Natural

Kenapa saya sebut skill natural, karena baik disadari ataupun tidak kita akan mempelajari skill ini secara langsung maupun tidak langsung.

Contohnya, jika kita sering berbicara dengan para musisi lain tentu tidak hanya pengetahuan musik saja yang berkembang akan tetapi cara berbicara, pemikiran serta sikap kita dalam menghadapi orang juga berkembang.

Contoh lain adalah ketika kita naik panggung, tidak peduli seberapa bagus usaha kita pasti ada saja gangguan diatas panggung seperti senar yang putus, kabel tidak berfungsi, gugup dan lain-lain. Nah hal-hal seperti itu tentu akan membuat seorang pemula kualahan dan gemetaran, akan tetapi tidak untuk senior, mereka tetap tenang dalam menghadapi situasi semacam itu.

Nah, tanpa mereka sadari semakin sering seorang musisi berada diatas panggung semakin sering dirinya dilatih untuk menghadapi situasi yang kurang nyaman sehingga tidak hanya skill musiknya saja yang terlatih akan tetapi mental dan pikirannya juga.

Intinya adalah secara disadari maupun tidak dalam beberapa kondisi dan situasi kita akan mempelajari suatu skill yang mungkin kelak akan membantu karir musik kita.

Berikut beberapa contoh skill natural
  • Body Laguage (bahasa tubuh)
Para model dan aktor mempelajari skill ini secara sadar dan mengembangkannya untuk menghidukan karakter yang mereka mainkan. Mereka terlihat jahat, pemalu ataupun kejam salah satunya karena mereka menggunakan skill body language ini.

Kita mempelajari skill ini secara tak sadar lewat melihat aksi panggung teman-teman ataupun idola kita baik secara langsung maupun lewat video.

Oh ya, skill ini adalah salah satu cara untuk tampil keren di panggung selain kostum, gear yang kita miliki dan tentu saja skill musik kita.

Beberapa gerakan tubuh kita membuat kita terlihat keren, beberapa lagi akan terlihat centil, beberapa lagi terlihat atraktif dan masih banyak effect yang lainnya.

Coba lihat video-video berbagai aliran musik dan bandingkan dengan aliran lainnya misalnya musik metal dan glam rock, aliran music ini punya body language yang khas.

Mengenai skill ini

Hem………

Coba bayangkan…….

Cara bergerak………

Kuda-kuda…………..

Dan tatapan mata……

Wow

  •  KOMUNIKASI
Coba pikirkan selama karir kita di dunia musik berapa persen waktu kita berada diatas panggung. Dan bandingkan dengan waktu kita bersama teman-teman, mengobrol, berbagi pengalaman dan sharing ilmu.

Waktu di panggung sangat sedikit jika dibandingkan dengan kita berkumpul bersama teman-teman, mengobrol, tukar informasi ataupun sekedar bersilaturahmi.

Dunia musik sadar tak sadar akan mempertemukan kita dengan banyak orang dengan beragam kepribadian yang berbeda. nah, semakin banyak kita berbicara dan bertukar pikiran dengan orang lain semakin mahir lah skill komunikasi kita.

Semoga dengan mengetahui hal ini dapat membatu kalian untuk mempermudah proses belajar dan proses berpetualang di dunia musik ini, walaupun pada akhirnya ya gak akan semua jadi dewa gitar, ataupun the next dream theater…….he he he(menyedihkan bukan, ya begitulah ha ha ha).

Walaupun demikian tetap saja proses belajar dan pengalaman ini akan menyenangkan terutama waktu kita mengenang masa-masa pahit dan perjuangan penuh rasa sakit ketika kita berkumpul bersama teman-teman di suatu tempat ditemani hangatnya kopi dan persahabatan……..hem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...