Rabu, 27 Februari 2013

Tangga nada Pentatonik

Tangga nada Pentatonik adalah salah satu tangga nada paling penting dalam ilmu gitar, sama halnya dengan tangga nada diatonik. Paling dasar namun paling penting.

Hampir semua gitaris dan aliran musik memakai tangga nada ini. sangat fleksible, mudah dipelajari dan mudah dihafal. Paling enak dipakai saat improvisasi atau ngejam bareng teman. Dengan memakai tangga nada ini kalian bisa membuat solo yang meliuk-liuk tanpa perlu berpikir keras saat berimprovisasi.

Tangga nada Pentatonik  berasal dari bahasa yunani. pente yang berarti lima dan tonic berarti tone.Jadi bisa diartikan Tangga nada Pentatonik  adalah scale yang berisi 5 nada didalamnya.

Pentatonik di peroleh dari tangga nada mayor, dengan cara menghilangkan dua nada didalamnya,  yaitu nada ke 4 (Fa) dan nada ke 7 (si) . Tangga nada ini juga tidak mempunyai nada yang berjarak setengah.


Contoh Tangga nada diatonik dengan DO = C

C  D  F  E  G  A  B  C
1   2   3  4   5  6  7    1

Untuk mendapatkan tangga nada pentatonik mayor maka kita perlu menghilangkan dua nada di dalam nya , maka hasilnya akan seperti ini :

C  D  E   G   A    C
1   2   3   5    6     1

itulah pentantonik mayor dengan nada dasar C


untuk mengaplikasikannya pada gitar baca juga 5 posisi tangga nada pentatonic pada gitar

bagaimana dengan pentatonik minor ??

Tangga nada minor adalah tangga nada mayor yang dimulai dengan nada ke 6. (saya jelaskan nanti) oleh sebab itu untuk mengetahui tangga nada pentatonik minor kita hanya perlu mengurutkan tangga nada pentatonik mayor dengan nada ke enam di urutan satu , maka hasinya akan seperti ini.


Tangga nada A minor pentatonik

A  C  D  E  G  A
6   1  2  3   5   6

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...