Senin, 25 Februari 2013

5 Alasan kenapa Cara Belajar Gitar Lewat Artikel Terkadang Sulit untuk Dipraktekan (Plus, 7 Tips untuk Mengatasinya)









 saya menyebutkan bahwa belajar gitar lewat forum, artikel dan kursus gitar adalah hal yang berbeda satu dengan yang lainya. Maka dari itu hasil yang di dapat juga akan berbeda.

Selain itu, halangan dan rintangan pun akan berbeda untuk masing-masing metode.

Untuk kali ini saya akan akan membahas alasan kenapa kita terkadang sulit belajar gitar lewat artikel. Hal ini bukan karena kurangnya kemampuan kamu dalam menyerap pelajaran, namun ada faktor lain yang membuat kamu kesulitan dalam mencerna pelajaran dari artikel teori musik yang dibuat seseorang.

Untuk penulis juga ada baiknya membaca artikel ini karena siapa tahu dapat mempermudah anda untuk membuat artikel tutorial musik yang mudah dimengerti.

Berikut beberapa alasan kenapa banyak orang sulit belajar gitar lewat artikel.

1. Artikel bukan ditunjukan untuk satu orang, melainkan untuk sekelompok orang 

Perlu dipahami bahwa ketika seorang penulis membuat satu artikel, dia tidak memfokuskan artikel tersebut untuk satu orang tapi untuk satu grup orang.

Berikut beberapa contoh artikel dalam bidang musik

Perhatikan judul di atas, kebanyakan penulis menulis judul artikel tersebut untuk para pemula. Contohnya adalah "no 1 Mengenal tangga nada mayor" biasanya di khususkan untuk orang yang baru belajar dan belum mengenal tangga nada tersebut. Artikel no dua untuk orang yang kurang paham perbedaan tentang chord dan kunci.

Itulah kenapa beberapa orang sulit untuk memahami pelajaran dari artikel. Karena artikel tersebut bukan ditunjukan untuk dirinya melainkan untuk umum.

2. Gaya penulisan tiap penulis yang berbeda-beda

Nah ini juga salah satu hal yang membuat belajar gitar lewat artikel terkadang cukup sulit. Meskipun para penulis membahas topik yang sama tetapi penulis yang satu dengan yang lainnya menyampaikan secara berbeda. Pemilihan kata atau kalimat serta gaya bahasa pun akan berbeda satu dengan yang lainnya.

Hal ini menyebabkan penyampaian informasi akan berbeda-beda. Beberapa pembaca mungkin akan mudah memahami tulisan yang ditulis, tetapi belum tentu pembaca lain memahaminya.

3. Kemampuan pembaca yang berbeda satu dengan lainya

Kalau faktor sebelumnya berasal dari penulis, maka yang ini merupakan faktor yang berasal dari pembaca. Perlu dipahami bahwa kemampuan serta latar belakang para pembaca berbeda satu dengan yang lainnya.

Ada yang memang sudah mengikuti kursus gitar sebelum membaca artikel tersebut, ada pula yang baru belajar gitar. Jadi, terkadang ada orang yang memang langsung paham apa yang dibicarakan oleh penulis tetapi ada beberapa pembaca yang akan kebingungan saat membaca artikel tersebut.

4. Istilah yang tidak diketahui pembaca

Hal ini juga menjadi salah satu faktor penghambat. Mungkin para penulis memang terbiasa mengunakan istilah-istilah dalam teori gitar. Contoh seperti Arpegio, pentatonik, chord mayor dan sebagainya. Tapi belum tentu para pembaca mengetahuinya. Terlebih untuk pembaca yang merupakan gitaris pemula.

5. Gaya belajar para pembaca

Gaya belajar tiap orang berbeda-beda. Ada gitaris yang memang senang membaca semua buku yang bisa dibacanya. Ada yang memang ingin langsung praktek saja tanpa berbelit-belit. Nah ini juga harus diperhatikan.

Itulah beberapa alasan kenapa kalian kesulitan dalam belajar gitar lewat artikel. Lantas bagaimana solusinya?

Tips untuk Mempermudah Cara Belajar Gitar lewat Artikel


Setelah kalian mengetahui beberapa alasan kenapa kalian merasa kesulitan dalam belajar gitar lewat artikel maka tentu langkah selanjutnya adalah mencari solusi yang tepat serta mempraktekannya supaya bisa lebih memahami serta mampu menyerap lebih dalam ilmu gitar dari artikel yang dibuat seseorang.

Berikut beberapa tips yang akan membantu kalian dalam memahami artikel musik.

1. Jangan berfokus pada satu artikel atau penulis

Sudah saya sebutkan diatas bahwa satu artikel dibuat untuk satu grup orang, bukan untuk satu orang. Maka dari itu bagi para pembaca yang ingin mendapat kejelasan tentang apa yang di tulis dalam artikel tersebut ada baiknya membaca artikel lain tentang apa yang dibahas  penulis.

Contoh, jika kalian membaca artikel Chord Mayor 9 yang saya buat, namun tidak mengerti setelah membacanya, maka ada baiknya kalian search lewat google dan cari artikel lain yang membahas Chord Mayor 9.

2. Bertanyalah

Jika kalian masih binggung maka jangan ragu untuk bertanya. Hal ini tidak hanya akan membuat hal yang membingungkan bagi kalian menjadi jelas tetapi juga memberikan feedback pada penulis sehingga dia tahu bahwa ada yang membaca artikelnya. Hal ini akan membuat dia bersemangat lagi untuk menulis.

3. Mempunyai basic

Sangat sulit untuk belajar lewat artikel jika tidak mempunyai basic atau dasar dalam teori. Maka dari itu ada baiknya kamu belajar lewat guru. Bisa kursus gitar secara langsung ataupun bertanya sana sini kepada yang lebih paham.

Jika kalian adalah tipe yang lebih suka membaca buku maka bacalah apa yang bisa dibaca seperti yang ditulis dalam tips no 4.

4. Bacalah apa saja yang bisa di baca

Dulu saya sering berlangganan majalah musik semacam Gitar Plus. Dan pada waktu itu saya selalu membaca hampir semua tulisan yang di tulis baik  teori, berita, review alat musik sampai pada kolom pembaca. Memang, kebanyakan saya tidak mengerti apa yang mereka tulis, tapi hal ini membantu saya di kemudian hari.

Bagi anda yang senang membaca, maka sebaiknya luangkan waktu anda untuk membaca artikel musik atau buku musik sebanyak mungkin, meskipun mungkin sebagian besar yang ditulis tidak dimengerti oleh mu, tetapi hal ini akan membantumu untuk memahami dunia musik sedikit-demi sedikit.

Disamping itu, semakin banyak membaca maka kosa kata atau istilah musik yang kamu serap pun menjadi semakin banyak sehingga kamu tidak akan kesulitan ketika membaca artikel yang banyak menggunakan istilah dalam teori musik.

5. Pahami istilah yang di pakai

Memang tugas penulis untuk menyederhanakan tulisan mereka supaya para pembaca mengerti. Namun ada baiknya kalian juga mencari tahu apa yang dimaksud oleh penulis. Contoh jika penulis menyebutkan Clef maka ada baiknya kalian mencari tahu apa itu clef.

Butuh sedikit usaha  dalam hal ini, terutama untuk mereka yang tidak paham tentang teori musik karena biasanya para penulis mengunakan kata atau istilah yang tidak umum.

6. Jangan hanya membaca artikel untuk levelmu

Tiap artikel ditulis untuk orang dalam level tertentu. Misalnya untuk beginner (pemula) ataupun expert (yang sudah berpengalaman namun butuh beberapa hal yang perlu penjelasan). Nah ada baiknya kamu juga membaca artikel dengan level lain. Baik artikel untuk pemula maupun untuk expert.

Hal ini bisa beguna untuk menambah wawasan kamu dalam dunia musik walaupun pada awalnya pasti merasa pusing atau sulit untuk menyerap pelajaran dalam artikel tersebut. 

7. Praktekan

Praktekan apa yang kamu baca. Lakukan berulang-ulang sampai kamu bisa. Membaca tanpa praktek tidak akan membawa mu kemana-mana.

Dengan mengetahui alasan kenapa sulit untuk belajar gitar lewat artikel sekaligus mempraktekan tips diatas semoga kita bisa lebih baik lagi dalam menyerap pelajaran dari artikel. Tetapi, biar bagaimana pun jika memang serius untuk mendalami ilmu gitar maka ada baiknya kalian mencari pembimbing yang cocok dengan kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...