Rabu, 27 Februari 2013

pengaruh soundtrack

sebenarnya saya kurang mengerti dengan yang namanya soundtrack. tapi ketika saya menonton film atau bermain game saya kadang berpikir betapa hebat yang membuat musik untuk game/film ini sehingga bisa membuat saya terhanyut dalam cerita.

yang saya pikirkan tentang sountrack adalah ada dua tantangan besar dalam membuatnya, yaitu :


1. dapat mebuat orang masuk kedalam cerita
2. tidak membosankan meski di ulang-ulang

yang pertama (dapat membuat orang masuk kedalam cerita )
soundtrack yang bagus seharusnya mampu membuat orang terhanyut dan merasakan sesuatu saat menonton film atau bermain game

saya teringat ketika seorang teman saya sedang bermain game stronghold crusader. castil diserang oleh musuh dan keadaan sangat genting pada saat itu. namun saya sadar seharusnya kami berdua bisa berpikir jernih dan bisa tenang menghadapi situasi ini. tapi suara musik membuat hati kami tak karuan, membuat kami seolah-olah merasa terdesak.

begitu juga ketika nonton film, kadang sedih kadang marah dan kadang tegang.


yang kedua adalah tidak membosankan meski di ulang-ulang. 
dalam film, soundtrack sering diulang dalam suatu adegan terlebih dalam game, hampir setiap saat diulang-ulang, namun tidak terasa bosan ataupun ingin mematikan suara tapi justru dapat membuat saya merasakan nuansa dalam game atau film tersebut.

dan satu hal lagi, sekarang saya sedang mengikuti serial sherlock holmes 1984, saya mempelajari sesuatu tentang soundtrack dalam film itu

dalam serial sherlock holmes, soundtrack minimal diputar dua kali yaitu di awal dan di akhir film setiap episodenya.
namun terkadang musiknya juga dirubah, hal ini yang membuat saya kagum.

lagunya tetap sama tapi  arasement dirubah pada beberapa episode sehingga kadang lagu terasa sedih atau tegang sesuai suasana pada episode tersebut.

ya itu adalah pandangan saya tentan soundtrack, sesujujurnya sayang kurang paham tentang hal ini
 
jika ada teman yang mengerti mohon pencerahannya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...