Selasa, 12 Februari 2013

Cara Membuat Efek Gitar Sederhana

REBABO CARA - Cara Membuat Efek Gitar Sederhana. Bermain gitar adalah sesuatu yang sangat asyik, apalagi jika kita memainkan aliran musik yang sangat kita sukai.

Bagi anda penggemar musik Pop mungkin anda bisa memainkan gitar biasa/akuistik tanpa menggunakan sound effect, tapi bagaimana dengan anda para penggemar musik Metal atau Rock? Anda harus menggunakan efek gitar sendiri untuk menciptakan efek suara yang anda inginkan.

Bermain gitar aliran musik metal atau rock membutuhkan alat sendiri, diantaranya adalah Gitar, Amplifier, Sound Efek (Efek Gitar) dan Sound Speaker. Yang menjadi masalah bagi kebanyakan orang adalah mereka tidak mampu atau tidak sanggup untuk membeli semua alat tersebut, dikarenakan terbatasnya dana / tidak punya cukup uang. Untuk menghemat dana dan juga untuk belajar berkreatifitas disini REBABO CARA akan memberikan tutorial cara membuat sound efek gitar sendiri.

Cara Membuat Efek Gitar Sederhana sendiri


Alat dan bahan yang harus anda persiapkan untuk membuat efek gitar sendiri adalah sebagai berikut :

1. Kabel Rangkaian
Kabel rangkaian akan anda butuhkan untuk menyambung, anda bisa menggunakan kabel bekas barang-barang elektronik yang sudah tidak terpakai. Bagi anda yang tidak tahu apa itu kabel rangkaian, gambarnya adalah dibawah ini
cara merakit efek gitar sendiri

2. Solder Listrik
Solder nantinya akan anda gunakan untuk menyambung kabel dengan PCB/circuit, untuk menggunakan solder anda membutuhkan arus listrik sebagai tenaganya. Sediakan juga timah solder, karena tanpa timah solder anda tidak akan bisa menyambung sebuah komponen. Dibawah ini adalah gambar solder.
cara bikin efek gitar listrik

3. Multitester
Multitester ini nantinya akan anda gunakan untuk mengetahui arus listrik dari setiap komponen yang akan dirakit. Dan masih banyak kegunaan lain dari alat ini nantinya. Harga multitester lumayan murah, dan agak mahal. Anda bisa membelinya di toko elektronik yang menjual alat-alat khusus. Bagi anda yang tidak tahu apa itu multitester, dibawah ini adalah gambarnya.

cara buat efek gitar sendiri

4. Tang Potong
Tang potong digunakan untuk memotong kabel atau sebuah kaki dari komponen. Tang potong sangat berperang juga dalam membuat efek gitar listrik sendiri.

cara mudah membuat efek gitar

5. dan lain-lain, seperti : Solatip/Solasi, Adaptor 0.5 A, Satu clip colokan adaptor DC, Satu papan PCB kosong, Satu switch on / off 6 kaki, Tutup potensio, Segulung kabel kecil (~5 meteran), Siapkan juga Amplas halus buat ngamplas PCB & untuk memperhalus cassing di tahap akhir.

Langkah selanjutnya setelah anda menyiapkan alat dan bahan adalah membuat skema dari efek gitar yang akan anda ciptakan nantinya.


Proses selanjutnya cara membuat efek gitar adalah merakit semua komponen agar menjadi efek gitar listrik seutuhnya. Cara merakit efek gitar-nya sendiri bisa dibilang susah gampang.

Oke, untuk menyimak bagaimana cara merakit efek gitar silahkan baca artikel tutorialnya disini :

Cara Merakit Efek Gitar Sendiri
klik link diatas !

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...