Kamis, 14 Februari 2013

Cara Bermain Biola Untuk Pemula

REBABO CARA - Cara Cepat Bermain Biola. Biola mungkin di kalangan masyarakan Indonesia masih terlalu asing, apalagi untuk masyarakat di sekitar pelosok.

Biola sendiri adalah alat musik yang berbentuk hampir sama dengan gitar, perbedaanya adalah untuk memainkan biola kita harus menggunakan busur agar dapat membunyikan dawai/senarnya.

Senar biola memiliki 4 buah/dawai. Masing - masing senar mempunyai nada yang berbeda, yaitu (G, D, A, E). Bagi anda yang masih belum mengetahui bentuk/ wujud dari biola, dibawah ini adalah gambar biola.

Untuk anda, pemula yang ingin belajar memiankan alat musik ini, disini REBABO CARA akan memberikan tutorial cara bermain biola untuk pemula.

Langsung saja, diawah ini adalah tutorial cara bermain biola untuk pemula.



Posisi Memegang Biola
  1. Posisi badan harus berdiri tegak dengan posisi kaki agar sedikit terbuka.
  2. Telapak kaki kita membentuk sudut sebesar 30 derajat dengan posisi kepala menghadap kedepan dengan tegak.
  3. Letakan biola diatas pundak kiri dan jepit biola diantara dagu dan pundah Anda.
  4. Usahakan tangan kiri dapat dengan leluasa bergerak.
  5. Selalu luwes dan rileks saat bermain biola sehingga dapat memberikan kesan positif.

Latihan Memegang Busur Biola
    cara baik bermain biola pemula
  1. Pegang bagian bususr pas di tengah dengan menggunakan tangan kiri, dengan ujung mengarak ke sebelah kiri dan pangkal kesebalah kanan.
  2. Telapak tangan kanan harus dihadapkan keatas, dengan ibu jari didekatkan pada ruas jari tengah sehingga akan membentuk tangan "bundar"
  3. Balik tangan kanan, kemudian gerakan tangan kanan anda seperti orang menggesek biola.
  4. Ulangi gerakan ini dengan jari telunjuk kakan menyentuk dibagian atas dari penggesek.
  5. Tempatkan ibu jari tangan kanan ita dibawah kayu penggesek dengan posisi jari yang lain tetap. Ibu jari sedikit melengkung dan rileks.
  6. Ujung dari kelingking ditelakan diatas pangkal penggesek, kemudian kelingking kita harus dalam keadaan rileks.
  7. Jari telunjuk dan jari kelingking berfungsi untuk mengatus tekanan pada senar biola
  8. Jari tengah dan jari manis lebih berfungksi untuk membantu jari telunjuk dan kelingking serta untuk menguatkan pegangan tangan pada penggesek biola. ( Pusing..? Untuk lebih jelasnya silahkah liat gambar di samping atas! )

Posisi Jari Pada Fret Biola

Posisi jari pada fret biola menentukan nada yang akan berbunyi saat kita menggesekan busur biola. Anda harus menghafal atau setidak nya memahami posisi jari pada fret biola, karena ini adalah pelajar dasar yang harus anda kuasai.

Untuk gambar dari posisi jari pada fret biola, dan nada apa yang akan muncul, silahkan lihat gambar dibawah :
cara bermain kunci biola pemula

Oke, hanya itu saja yang bisa REBABO CARA berikan untuk Anda. Kunci dari bisa atau tidaknya anda bermain biola ada di tangan anda sendiri, Selalu berlatih untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika anda masih bingung dengan penjelasan tulisan diatas, silahkan saja belajar bermain biola dengan melihat video tutorial dibawah ini.



Terima kasih telah membaca tutorial cara bermain biola untuk pemula, jika ada yang ingin anda tanyakan tentang biola silahkan tinggalkan komentar anda dibawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...